Jumat, 25 Juni 2010

Asia Bergelora lagi

Selain menyusul Korsel, Samurai Birunya Takeshi Okada juga menutupi kegagalan wakil Asia lainnya, Korut dan Australia.

Sebelum putaran final Piala Dunia berlangsung, tak ada satu pun yang berani menjagokan Jepang. Pemicunya, bayangan beberapa uji coba yang buruk serta kritikan bertubi-tubi terhadap keangkuhan Pelatih Takeshi Okada. Tapi semuanya berbalik sempurna buat tim Nippon Asia itu setelah mampu mempecundangi Denmark 3-1 di laga terakhir Grup E. Sukses Jepang kembali membuat Asia bergelora setelah sempat lesu saat Korut dan Australia dipastikan gagal ke babak knock out.

Penyerang Keisuke Honda, yang dinihari kemarin jadi bintang dengan satu gol dan satu assist-nya, memuji strategi yang diterapkan Okada. “Sebelum pertandingan, pelatih meminta kami untuk tidak fokus pada pertahanan. Kami harus menyerang,” kata Honda.

“Apa yang diinginkan pelatih memacu kami untuk tampil lebih baik. Terbukti memang efektif dan kami meraih hasil gemilang,” tambahnya.

Sama seperti Korsel, Samurai Biru lolos sebagai runner-up dengan torehan enam poin. Kendati sudah menang besar dan lolos, Honda mengaku belum puas akan penampilan timnya karena di babak 16 besar mereka bakal bertemu lawan tangguh, yakni Paraguay yang menjadi juara grup F.

“Bagi Jepang, ini merupakan kemenangan besar. Saya puas kami bisa menang. Namun, saya tak puas dengan penampilan kami,” kata Honda. “Pertandingan berikutnya lebih penting. Saya ingin membuktikan tidak ada yang tidak mungkin bagi Jepang,” tandas bintang CSKA Moscow ini.

Atas kemenangan tersebut, pelatih Okada memperi­ngatkan timnya untuk tidak terlalu larut dan dilanda eforia berlebih. Maklum saja, ini baru pertama kali mereka lolos ke 16 besar Piala Dunia di luar negaranya. Okada yang menargetkan Jepang finish di semi final akan membiarkan para pemainnya beristirahat dulu, lalu kemudian mempersiapkan diri menghadapi Paraguay.

“Kami menikmati kemenangan ini. Namun, kami ingin melangkah lebih jauh dan itu dimulai di laga pertama sistem gugur saat melawan Paraguay. Pemain akan beristirahat dulu. Selanjutnya, kami langsung mempersiapkan diri lagi,” pungkas Okada.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by Pemilihan Presiden Langsung 2009  |  SEO by Blogspot tutorial Support JAVA'S GROUP